Kita pilih flash document
1. MENGGAMBARKAN OBJEK KUPU-KUPU DAN BAGROUND
Kita buat 5 layer masing masing layer kita gantti namanya sesuai keinginan anda , contoh seperti ini : baground , kupu1 , kupu2, kupu3, kupu4
Kita gambarkan kupu-kupu tersebut di masing masing layer yang sudah kita buat tadi seperti gambar di bawah ini :
Kemudian kita gambarkan background di layer background
seperti gambar dibawah ini :
2. MEMBUAT KUPU-KUPU MENGEPAKAN SAYAPNYA
Setelah selesai menggambar objek kupu-kupu dan baground
kemudian di layer kupu -kupu. kita blog gambar kupu-kupu tersebut kemudian tekan f8 atau klik modify pilih convert to symbol. makan gambar akan menjadi satu atau bergabung.
Untuk membuat objek kupu-kupu bisa kembali kita edit , kita klik dua kali gambar kupu-kupu tersebut, maka objek gambar bias di edit.
Kemudian kita ubah ukuran kupu kupu tersebut menjadi seperti ini, dengan mengunakan free transform tool : seolah olah kupu-kupu mengepakan sayapnya.
3. Membuat kupu kupu bergerak kesana kemari.
Pertama sekali kita klik kanan kemudian pilih insert keyframe di timeline100 pada masing masing layer kupu - kupu.
Setelah itu kita klik kanan pada keyframe pilih Create Motion Tween
Maka keyframe akan berubah seperti seperti ada tanda panah nya. Seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu kita tambahkan motion guide , kita klik gambarPerlu diperhatikan untuk membuat jalur terbang kupu-kupu kita harus menggambarkan jalur tersebut di layer motion guide seperti :
Kemudian kita buat jalur kupu-kupu terbang tersebut menggunakan Pencil toll
Setelah selesai menggambarkan masing masing jalaur untuk kupu-kupu tersebut.
Kita letakan kupu-kupu di jalur pertama pada timeline 1 kemudian pada timeline 100 letakan kupu-kupu di akhir jalur.
Untuk mengeksekusi hasil gambar kita tekan tombol ctrl + enter
Maka animasi yang kita buat akan muncul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar