Kamis, 25 Juli 2013

Skripsi Perancangan Dan Implementasi Perangkat Lunak

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Di dalam dunia Komputer grafis saat ini telah berkembang banyak cara dan metode untuk menampilkan sebuah scene yang telah didesain oleh user. Salah satu metode rendering yang sering dipakai adalah Perspektive Projection. Dengan metode Perspektive Projection, maka hasil rendering gambar yang dihasilkan dapat sesuai dengan aslinya.

Metode Perspektive Projection menelusuri cahaya yang dipancarkan dari kamera atau mata. Metode ini secara otomatis dapat mengatasi masalah hidden surface removal dan dapat menghasilkan proyeksi perspektif, namun metode ini tidak dapat memodelkan efek caustic (pengumpulan cahaya). Metode Perspektive Projection dapat menghasilkan gambar yang memiliki efek caustic namun memerlukan waktu render yang sangat lama. Hal ini disebabkan banyaknya sinar yang dipancarkan dari sumber cahaya. Selain lama juga tidak optimal karena tidak semua sinar tersebut mengenai objek ataupun menuju ke arah kamera. 
Pada penelusuran ini pengembangan dilakukan ke arah pembuatan objek 3 dimensi (3D) dan melakukan pencahayaan terhadap objek tersebut sehingga dapat dilihat sesuai dengan aslinya pada implementasi Metode Perspektive Projection dalam pembuatan objek 3 dimensi (3D).

Objek 3 dimensi yang dibuat nantinya akan bisa ditampilkan dalam berbagai sudut dikarenakan perspective projection yang diimplementasikan tidak membatasi bagaimana objek dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis berinisiatif mengambil judul �Perancangan Dan Implementasi Perangkat Lunak Visualisasi Objek Tiga Dimensi Dengan Metode Perspektive Projection�.


1.2. Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana pembuatan pada sebuah objek 3 dimensi (3D) yang dilakukan dari berbagai sudut pandang yang berbeda? 
  2. Bagaimana Metode Perspektive Projection dalam melakukan proses pada objek 3 dimensi ? 
  3. Bagaimana merancang sebuah aplikasi untuk visualisasi objek 3D dengan metode Perspective Projection ?

1.3. Batasan Masalah

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini, akan dibahas pada : 
  1. Membuat program 3 dimensi (3D) dengan Metode Perspektive Projection. 
  2. Objek 3D yang dibuat dibatasi hanya satu objek yaitu kubus (cube) 
  3. Membuat objek yang diciptakan sehingga efek cahayanya terlihat pada objek yang dibuat. 
  4. Program dibuat dengan menggunakan Visual Basic.Net 


1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penulisan skripsi ini antara lain :
  1. Untuk mengimplementasikan metode Perspektive Projection ke dalam aplikasi. 
  2. Untuk Membuat Objek 3D dengan bahasa pemrograman Visual Basic.Net yang dikombinasikan dengan metode Perspektive Projection. 
  3. Membuat sebuah aplikasi yang bisa membuat objek 3D.

Manfaat dari penulisan skripsi ini antara lain :
  1. Perspektive Projection dapat digunakan untuk mengatur sudut dari objek 3D yang dirancang. 
  2. Mengetahui bagaimana objek 3D dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net

1.5. Metodelogi Penelitian

Metode penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan skripsi ini adalah:
  1. Studi Kepustakaan

Dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari buku�buku referensi, literatur dan bahan tertulis lainnya serta pengumpulan informasi dari situs internet.
     2.  Wawancara
Yaitu pengumpulan informasi dengan cara melakukan tanya jawab dengan beberapa pengguna komputer.

1.6. Sistematika Penulisan

Sistematika penyusunan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, sesuai dengan sistematika / ketentuan dalam pembuatan skripsi, adapun pembagian bab-bab tersebut adalah :

BAB I       :     PENDAHULUAN
Bab ini menerangkan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II     :     LANDASAN TEORI 
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai konsep serta sekilas tentang software yang digunakan.

BAB III    :     ANALISA DAN PERANCANGAN
Disini penulis membahas mengenai analisa dan perancangan berdasarkan judul serta dasar teori yang telah dibuat.

BAB IV    :     HASIL DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan dibahas tentang implementasi sistem yang telah dirancang.

BAB V     :     KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari skripsi.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar