Selasa, 30 Juli 2013

Skripsi Metode Kecerahan Citra Dan Penajaman Citra

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Kemampuan komputer yang semakin handal dalam berbagai bidang, terlebih lagi dalam membantu bidang pengolahan citra digital melalui proses perbaikan kualitas citra yang besar sekali dirasakan. Sehingga pemberdayaan komputer setiap saat selalu di tingkatkan.
Dengan didukung oleh perangkat lunak dan perangkat keras serta device lainnya sehingga komputer dimungkinkan bisa membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Pengolahan citra (image processing) merupakan suatu sistem dimana proses dilakukan dengan masukan citra (image) dan hasilnya juga berupa citra (image).

Peningkatan kualitas citra merupakan salah satu proses awal dalam peningkatan mutu citra. Peningkatan mutu citra diperlukan karena seringkali citra yang dijadikan objek pembahasan mempunyai kualitas yang buruk, misalnya citra mengalami derau, kabur, dan sebagainya .
Metode kecerahan citra kontras dibuat dengan beberapa tahapan yaitu antara lain image enhancement, berupa proses perbaikan citra dengan meningkatkan kualitas citra baik kontras maupun kecerahan. image restoration, proses memperbaiki model citra, color image processing, sutau proses yang melibatkan citra berwarna, baik berupa image enhancement, image restoration atau yang lainnya. Dan masih banyak lagi teknik-teknik yang lain.

Peningkatan mutu citra adalah suatu proses mendapatkan citra yang lebih mudah diinterpretasikan oleh mata manusia. Proses pengolahan citra yang termasuk dalam kategori peningkatan mutu citra terdiri dari proses-proses yang bertujuan memperbaiki mutu citra untuk memperoleh keindahan gambar, untuk kepentingan analisis citra, dan untuk mengoreksi citra .
Dari latar belakang diatas penulis mengambil judul untuk penelitian ini dengan judul �METODE KECERAHAN CITRA KONTRAS CITRA DAN PENAJAMAN CITRA UNTUK PENINGKATAN MUTU CITRA�.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang dikemukakan diatas, maka yang menjadi identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang suatu aplikasi yang dapat membantu dalam peningkatan mutu citra dengan baik dan mudah untuk citra gambar warna (RGB colour) atau hitam-putih (grey scale).
1. Bagaimana merancang suatu aplikasi yang dapat membantu dalam peningkatan mutu citra dengan baik
2. Bagaimana mempermudah pengaturan kontras warna (RGB colour) atau hitam-putih (grey scale)?

1.3 Tujuan dan Manfaat 
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mempertajam  citra.
1. Merancang suatu aplikasi yang dapat membantu dalam peningkatan mutu citra dengan baik.
2. Mempermudah pengaturan kontras warna (RGB colour) atau hitam-putih (grey scale).

1.4 Batasan Masalah
Agar dalam pembahasan permasalahan tidak menyimpang dari tujuan penulisan, maka perlu dibuat batasan masalah sebagai berikut :
a. Hanya Untuk Mempertajam Citra digital dengan format BMP, JPG, PNG
b. Menggunakan mode grafik 256 warna
c. Menggunakan Gray-Level Transformations
d. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Visual Basic


1.5 Metode Penelitian
1. Studi Pustaka
Yaitu mempelajari buku-buku, jurnal, dan bahan materi yang berkaitan dengan pembahasan untuk mendukung penelitian ini.

2. Analisa dan Perancangan
a. Analisa
Menganalisa mutu citra dapat ditingkat dengan menggunakan metode kecerahan citra kontras dan penajaman citra. 
b. Perancangan
Berupa prosedur dengan dasar pembuatannya mengacu pada langkah-langkah yang ada dalam landasan teori.
c. Pembuatan Program
Mendesain interface pada program yang akan dibuat pada aplikasi penajaman citra.
d. Pengujian
Pengujian dilakukan dengan mencoba aplikasi penajaman citra yang telah dibuat. Apabila terjadi kesalahan atau kekurangan dalam aplikasi tersebut, maka akan dilakukan pemograman ulang.

1.6 Sistematika Penulisan
Skripsi ini secara garis besar dibagi dalam V bab. Adapun susunan bab demi bab adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas mengenai latar belakang, identifikasi masalah, tujuan dan manfaat penulisan, batasan masalah serta sistematika penulisan

BAB II LANDASAN TEORI
Menjabarkan teori dasar yang berhubungan dengan pengolahan citra dan filter yang digunakan untuk menampilkan efek pertajaman pada citra yang di inginkan/Proses

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN
Dalam bab ini akan dibahas mengenai pembahasan sistem dan perancangan proses keseluruhan sistem

BAB IV ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini akan dibahas algoritma-algoritma yang digunakan dalam pembuatan program

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran yang diperoleh sehubungan dengan pelaksanaan penulisan perangkat lunak untuk skripsi ini

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar