BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem E-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Meskipun banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan sistem E-learning cenderung sama bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional atau klasikal, tetapi keuntungan yang bisa diperoleh dengan E-learning adalah dalam hal fleksibilitasnya.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem E-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Meskipun banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan sistem E-learning cenderung sama bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional atau klasikal, tetapi keuntungan yang bisa diperoleh dengan E-learning adalah dalam hal fleksibilitasnya.
E-learning juga dapat diterapkan dalam dunia kursus sebagai media penyalur pembelajaran yang ingin disampaikan, Kursus adalah lembaga pelatihan yang termasuk kedalam jenis pendidikan nonformal. Kursus merupakan suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah. Perbedaanya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu. Misalnya, kursus bahasa komputer tiga bulan atau 50 jam, kursus montir, kursus memasak, menjahit, musik, keuntungan dalam menerapakan sistem E-learning ini para pengikut kursus dapat melihat kembali pertemuan yang tertinggal, karena media pembelajaran tersebut ditaruh dalam sistem web atau biasa disebut web based learning karena merupakan situs pembelajaran.
Fleksibilitas menjadi kata kunci dalam sistem E-learning. Peserta didik mampu meningkatkan ilmu yang diberikan oleh pengajar diluar jam kuliah dengan kata lain sistem ini dibuat guna meningkatkan pengetahuan peserta didik dengan melakukan pembelajaran diluar jam mata kuliah . Pengajar pun dapat memperbaharui materi pembelajarannya kapan saja dan dari mana saja. Dari segi isi, materi pembelajaran pun dapat dibuat sangat fleksibel mulai dari bahan kuliah yang berbasis teks sampai materi pembelajaran dengan komponen multimedia. Begitu pula halnya dengan kualitas pembelajaran, yang bisa sangat fleksibel atau variatif . Oleh sebab itu untuk menciptakan suatu sistem E-learning yang baik diperlukan suatu perancangan yang baik, dan strategi dan cara-cara desain instruksional yang tepat.
Melalui E-learning materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, disamping itu materi yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dengan cepat dapat diperbaharui oleh pengajar. Oleh karena perkembangan E-learning yang relatif masih baru, definisi dan implementasi sistem E-learning sangatlah bervariasi dan belum ada standard yang baku.
Berdasarkan pengamatan dari berbagai sistem pembelajaran berbasis web yang ada di Internet, implementasi sistem E-learning bervariasi mulai dari yang sederhana yakni sekedar kumpulan bahan pembelajaran yang ditaruh di web server dengan tambahan forum komunikasi lewat e-mail secara terpisah sampai dengan yang terpadu yakni berupa portal E-learning yang berisi berbagai obyek pembelajaran yang diperkaya dengan multimedia serta dipadukan dengan system informasi akademik, evaluasi, komunikasi, diskusi dan berbagai educational tools lainnya. Implementasi suatu E-learning bisa masuk kedalam salah satu kategori tersebut, yakni bisa terletak diantara keduanya, atau bahkan bisa merupakan gabungan beberapa komponen dari dua sisi tersebut. Hal ini disebabkan antara lain karena belum adanya pola yang baku dalam implementasi E-learning , keterbatasan sumberdaya manusia baik pengembang maupun staf pengajar dalam E-learning , keterbatasan perangkat keras maupun perangkat lunak, keterbatasan biaya dan waktu pengembangan.
Penerapan E-learning untuk keperluan pendidikan sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh , untuk itulah penulis mengangkat judul skripsi yang berjudul � Perancangan Perangkat Lunak E-learning untuk kursus online dengan metode web based learning menggunakan Moodle �.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalah yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut :
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalah yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana merancang sistem E-learning untuk kursus komputer menggunakan Moodle ?
- Bagaimana merancang suatu sistem E-learning dengan memanfaatkan web sebagai media penyalur dalam pembelajaran?
- Bagaimana menerapkan Moodle dalam perancangan media pembelajaran?
1.3 Batasan Masalah
Agar masalah yang diteliti lebih jelas dan lebih terarah serta menghindari terjadinya penyimpangan dari tujuan utama penulis, maka penulis perlu membuat batasan masalah sebagai berikut :
Agar masalah yang diteliti lebih jelas dan lebih terarah serta menghindari terjadinya penyimpangan dari tujuan utama penulis, maka penulis perlu membuat batasan masalah sebagai berikut :
- Pada pembuatan Aplikasi E-learning untuk kursus komputer ini hanya memberikan kursus pada bagian design grafis yaitu photoshop.
- Pada pembuatan Aplikasi E-learning diakses melalui internet.
- Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi Education berbasiskan Web.
- Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan XAMPP dan MySQL sebagai databasenya .
- Pada pembuatan kursus online ini, hanya memberikan kursus photoshop sebagai contohnya.
1.4 Tujuan dan Manfaat
a. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
a. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
- Merancang suatu aplikasi E-learning menggunakan Moodle untuk kursus online sebagai sarana pembelajaran.
- Menerapkan Moodle sebagai media belajar untuk kursus komputer dengan memanfaatkan sistem web based learning.
- Memberikan kemudahan kepada para peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran diluar jam kuliah maupun sekolah, untuk mendapatkan ilmu tambahan.
b. Adapun manfaat dari penulisan skripsi ini adalah :
- Dengan adanya kursus online ini para murid dapat terbantu guna memperoleh ilmu dan pembelajaran baik untuk tahap dasar,menengah maupun mahir
- Dapat membantu proses pembelajaran diluar sekolah, guna memdapatkan pengetahuan lebih mengenai bahan yang dipelajari disekolah maupun kampus.
- Sebagai sarana guna penyampaian pembelajaran yang up to date kepada para peserta didik
1.5 Metode Penelitian
Untuk memenuhi kebutuhan materi yang diperlukan serta memperlancar penulisan , maka data yang diperlukan didapat dari berbagai sumber yang ada seperti :
Untuk memenuhi kebutuhan materi yang diperlukan serta memperlancar penulisan , maka data yang diperlukan didapat dari berbagai sumber yang ada seperti :
- Library Research ( Studi Pustaka ) Mendapatkan atau mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penulisan skripsi melalui buku-buku, maupun internet.
- Metode Browsing Untuk mendapatkan data-data yang berasal dengan pencarian dari internet sebagai bahan masukan dalam perancangan E-learning
1.6 Sistematika Penulisan
Berikut adalah sistematika pada penulisan skripsi ini :
Berikut adalah sistematika pada penulisan skripsi ini :
BAB I : PENDAHULUAN.
Berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah,batasan masalah, tujuan dan mamfaat penulisan skripsi, , metode penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORITIS.
Berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan isi penulisan skripsi dan pendukung dalam pemecahan masalah yang dianggap relevan dengan permasalahan.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Berisi tentang perancangan dan design aplikasi kursus komputer dengan menggunakan metode web based learning, serta tentang perancangan desain system, proses uml menggunakan use case diagram, actifity diagram serta sequence diagram.
BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Berisi tentang Algorima dari perancangan dan implementasi dari system yang dirancaang.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dan saran dari penulisan skripsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar